Membuat Listrik Sendiri

Kalian sebagai para pelajar harus mencoba yang satu ini. Bahkan kalian harus bisa mengembangkannya.

Listrik Tenaga Blimbing Wuluh

Belimbing Wuluh selain berkhasiat sebagai obat penyakit Gondongan, Obat Batuk, Diabetes, Rematik, Sariawan dan Sakit Gigi, ternyata juga bisa di manfaatkan sebagai Sumber Energi Listrik.
belimbing wuluh sumber energi listrikSumber Energi Listrik dari Belimbing Wuluh ini ditemukan oleh seorang Guru lulusan dari ITS Surabaya bernama Sunarto.

Sumber Energi Listrik dari Belimbing Wuluh ini bisa menghantarkan listrik dan menghidupkan sebuah lampu hanya dengan menggunakan gelas tanah, jus belimbing wuluh, serta lempeng tembaga dan seng sebagai elektroda. Dari hasil percobaan Sunarto ini lampu bisa bertahan sampai 1 bulan tanpa dimatikan.


Listrik Tenaga Kulit Pisang
Pisang. Kalian pasti udah pada tahu buah sarat karbohidrat satu ini bukan? “Pisang sangat berlimpah di negara kita. Bagaimana ya kalau kulit pisang yang selama ini menjadi limbah bisa diolah menjadi produk yang bermanfaat?
Huh! Dari pada kulit pisang bikin kamu sama temen kamu terpeleset mending dimanfaatin aja. dia memiliki kandungan karbohidrat tinggi lho. nah, dari situ diciptakan sebuah alat yang mereka ber nama banana natural energizer alias Ba-na Gyzer. Alat ini menggunakan larutan asam asetat hasil fermentasi dari limbah kulit pisang tadi untuk kemudian dijadikan larutan elektrolit pada sel volta yang terdapat dalam komponen alat tersebut. Nah nantinya dari situ akan muncul tegangan listrik yang bisa dijadikan penjebak hama tanaman di lahan pertanian (light trap). Hebat ya!
Alat kami ini bisa membuat petani mengurangi pemakaian pestisida, jadi sangat ramah lingkungan lho. Selain itu, limbah ampas kulit pisangnya dapat dijadikan pupuk oleh petani.


Listrik Tenaga Apel
Jika kita menancapkan pelat tembaga dan pelat seng pada buah apel, kemudian menghubungkan kedua pelat dengan kabel, akan terjadi arus listrik dari pelat tembaga menuju pelat seng. Hal ini berarti rangkaian tersebut menghasilkan energi listrik. Dari sini kita pasti bertanya-tanya bagaimana buah apel dapat menghasilkan listrik?
Di dalam buah apel terdapat cairan asam yang dapat berfungsi sebagai elektrolit. Pada saat kedua pelat logam itu ditancapkan, di dalam buah apel terjadi reaksi kimia yang menghasilkan energi listrik.
Baterai dengan sebuah apel menghasilkan arus listrik lemah. Untuk mendapat arus listrik yang besar diperlukan buah apel lebih banyak. Caranya, baterai apel disusun secara seri. Pelat seng dari apel pertama dihubungkan dengan pelat tembaga dari apel yang kedua. Pelat seng apel kedua dihubungkan dengan pelat seng apel ketiga, dan begitu seterusnya. Selain buah apel, buah lainnya seperti jeruk juga dapat dibuat baterai.

Bila lampu kamar tempat kita sumber listrik nya menggunakan Belimbing, maka ini adalah suatu penghematan yang luar biasa. Selain bisa menghemat sumber daya listrik, juga bisa menghemat kantong kita :D

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Itu yang apel sama blimbing wuluh tegangan yang di hasilkan dalam 3 rangkaian berapa ya ?

Posting Komentar

searching

Google Translate

bX-rg6px

about me

Foto saya
kendal, jawa tengah, Indonesia
sekolah : SMA 1 Kendal kelas : XI IPA 3